UpDate

Selasa, 15 Desember 2009

Daftar Zat Berbahaya Dalam Kosmetik (Pembersih Wajah,Pasta Gigi,Sabun,Dan Shampo) Serta Dampaknya Bagi Kesehatan

Dampak buruk bagi kesehatan :
·         Kanker payudara
·         Resiko pada jantung,hati,otak,dan paru-paru
·         Gangguan kesehatan mata anak dan katarak
·         Meningkatkan resiko kanker ginjal dan hati
·         Penuaan dini
·         Iritasi kulit dn dermatitis kontak
·         Resiko pikun
·         Kulit rentan bakteri
·         Menghambat pengeluaran toksin dari kulit
·         Menyebabkan terjadinya jerawat dan keluhan kulit lainnya.

Daftar zat berbahaya :
1.       Zat Pengawet Paraben
Penelitian di Inggris menyebutkan bahwa terdapat hubungan antara pemakaian paraben dengan peningkatan kejadian kanker payudara pada wanita.Dikatakan terdapat konsentrasi paraben yang sangat tinggi pada 90% kasus kanker payudara yang diteliti.Paraben digunakan di kosmetik, deodoran, dan beberapa produk perawatan kulit lainnya. Zat ini dapat menyebabkan kemerahan dan reaksi alergi pada  kulit.

2.       Sodium Lauryl Sulfate (SLS) and Ammonium Lauryl Sulfate (ALS)
Kedua zat ini banyak digunakan untuk bahan campuran sabun,shampo,odol,pembersih muka,dan pembersih badan.Zat ini yaitu SLS dan ALS dapat menyebabkan radang kulit yang parah bila terus-menerus digunakan karena kedua zat ini dapat diserap tubuh dengan mudah.Kedua zat ini akan mengendap pada jantung,otak,paru-paru serta hati yang lama-kelamaan akan menyebabkan penyakit jangka panjang.Selain itu zat ini juga bisa menyebabkan ganguan kesehatan mata anak dan katarak.

3.       DEA (Diethanolamine), TEA (Triethanolamine) and MEA (Monoethanolamine)
Zat ini banyak ditemukan pada kosmetik dan produk perawatan kulit. Bahan bahan berbahaya ini dapat menyebabkan reaksi alergi dan penggunaan jangka panjang diduga dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker ginjal dan hati.

4.       Propylene Glycol
Studi terakhir juga menunjukan bahwa zat ini dapat merusak ginjal dan hati.Ditemukan pada beberapa produk kecantikan, kosmetik dan pembersih wajah. Zat ini dapat menyebabkan kemerahan pada kulit dan dermatitis kontak.

5.       Isopropyl Alcohol
Alkohol digunakan sebagai pelarut pada beberapa produk perawatan kulit. Zat ini dapat menyebabkan iritasi kulit dan merusak lapisan asam kulit sehingga bakteri dapat tumbuh dengan subur.Selain itu juga dapat mempercepat penuaan dini

6.       Minyak Mineral
Minyak mineral dibuat dari turunan minyak bumi dan sering digunakan sebagai bahan dasar membuat krim tubuh dan kosmetik. Baby oil dibuat dengan 100% minyak mineral. Minyak ini akan melapisi kulit seperti mantel sehingga menghambat pengeluaran toksin dari kulit.Dampaknya yaitu menyebabkan terjadinya jerawat dan keluhan kulit lainnya.

7.       Polyethylene Glycol (PEG)
Zat ini banyak digunakan untuk mengentalkan produk kosmetik.Dampaknya dapat menyebabkan penuaan dini dan membuat kulit rentan terhadap bakteri karena menggangu kelembaban kulit.
8.       Aluminium
Aluminium sering digunakan pada produk penghilang bau badan. Aluminium diketahui dapat menyebabkan pikun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Pengikut